Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Double Track di Parungpanjang

DOUBLE TRACK TRAIN | Pembangunan rel jalur ganda (double track) antara Stasiun Serpong - Parung Panjang sepanjang 12 Km diharapkan selesai akhir tahun 2008 dan kini memasuki tahap pertama tender pembangunan jalur listrik, penambahan sinyal dan gardu pembangkit.

"Pembangunan double track antara Stasiun Serpong- Parung Panjang sepanjang 12 Km itu diharapkan akan selesai akhir tahun 2008 dan kini memasuki tahap tender," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan, Wendy Aritenang seusai mengadakan kunjungan kerja ke Stasiun Parung Panjang dan Merak, Provinsi Banten, Senin.

Menurut dia, selesainya pembangunan double track antara Serpong-Parung Panjang pada akhir 2008 diharapkan dapat meningkatkan frekuensi angkutan KA untuk daerah tersebut. "Dengan adanya penambahan frekuensi itu, maka diharapkan dapat merangsang pertumbuhan pembangunan perumahan di daerah tersebut," katanya.

rencana pembangunan double track Serpong - Parung Panjang sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2007 dan dianggarkan sebesar Rp150 miliar melalui APBN.
Dalam pembangunan perkeretaapian, pemerintah untuk sementara memfokuskan pada keselamatan dan kenyamanan penumpang di mana akan terus melakukan perbaikan dan penambahan prasarana yang ada, katanya.

Selain itu, pemerintah juga terus melakukan penambahan angkutan komuter KA yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama masyarakat kota besar yang berdomisili di pinggiran kota besar, katanya. "Karena moda angkutan KA kini dianggap masyarakat sebagai angkutan cepat murah dan nyaman," katanya.

Untuk Jurusan Jakarta- Merak pembangunan double track diharapkan pada akhir tahun 2009 sudah mencapai di Stasiun Maja atau sekitar 55 Km dari Jakarta. "Dengan demikian, frekuensi angkutan KA di daerah tersebut akan mencapai sekitar 32 rangkaian KA per hari,

demi kenyamanan dan keselamatan penumpang KA ekonomi yang saat ini dalam kondisi yang memprihatinkan juga akan ditarik secara bergilir dan akan diperbaiki secara bertahap.