Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghemat Air Bersih

Tips menghemat air bersih - webparungpanjang kali ini akan share mengenai cara menghemat air bersih. Air memang hal yang sangat vital dalam kehidupan seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi. tidak ada di dunia ini makhluk hidup yang tidak memerlukan air. 


Artikel dibawah ini terinspirasi oleh sebuah selebaran yang dibagikan di kantor PDAM Parung Panjang saat saya membayar Tagihan Rekening Air, setelah saya baca artikel pada seleberan tersebut, terbersit hati untuk menulis kembali karena penting bagi kita semua untuk menghemat air bersih.

Lets goooo .... !!

Manusia khususnya, menggunakan air bersih untuk kegiatan sehari hari, seperti : minum, masak, mandi, mencuci dan masih banyak lainnya. 

Mengapa kita harus menghemat air bersih ?

Air bersih adalah sumber kehidupan bagi manusia, namun saat ini air bersih sudah menjadi barang langka, sehingga untuk mendapatkannya diperlukan suatu usaha yang terkadang terasa sulit, padahal air bersih merupakan penunjang utama dalam meningkatkan kesejahteraan melalui derajat kesehatan.

Oleh karena itu mari kita simak cara menghemat air bersih, ceke dooooot !!!
  • Cegah kebocoran dan jangan biarkan kran air terbuka terus menerus
  • Saat menggosok gigi, cuci muka atau mencukur, kran wastafel janga dibiarkan mengucur, karena satu menit kran air mengalir bisa 9 liter air mubajir.
  • Mandi dengan gayung bisa 3 kali lebih boros dibangingkan mandi menggunakan shower atau pancuran.
  • Lebih baik mencuci kendaraan menggunakan ember dan lap, karena mengguyur mobil dengan selang dari kran selama satu jam berarti beratus ratus liter air terbuang.
  • Mencuci piring langsung dibawah kran bisa lima belas kali lebih boros.
  • Mencuci baju bila jumlahnya banyak, lebih hemat air dengan menggunakan mesin cuci. ( klw punya )
  • Air limbah yang tidak terlalu kotor dapat digunakan untuk menyiram tanaman..
  • upayakan membuat sumur serapan dan tidak menutup semua lahan dengan semen agar mempertahankan air hujan mudah meresap sehingga dimusim kemarau tidak teralu kering.
Nah itulah beberapa cara menghemat air bersih, supaya kelangsungan air bersih tetap terjaga dan tentunya dengan menghemat air akan lebih murah membayar tagihan listrik.