Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriteria Ikan Koi Untuk Indukan

Web Parungpanjang - Halo sobat kali ini saya akan share tentang bagaimana memilih ikan koi yang bagus, berkwalitas untuk dijadikan sebagai bakal indukan

Budidaya Ikan Koi

Mengembangbiakan ikan koi memang membutuhkan kerja keras keuletan dan kesabaran sebagai cara untuk berhasilnya beternak ikan koi tentunya di dahului dengan pemelihan bibit yang benar benar unggul dengan cara seperti dibawah ini :

  1. Anggota badannya lengkap, tidak cacat, sobek atau luka yang memungkinkan untuk tumbuhnya jamur di sekitar tubuh ikan koi.
  2. Tubuh simetris dan jika dilihat dari atas nampak garis punggung yang lurus saat meliuk, bagian atas dan bawah tubuh melengkung dengan wajar dan serempak.
  3. Kepala tidak terlalu besar dengan kata lain seimbang dengan bagian tubuh lainnya.
  4. Warna jelas, cemerlang dan memikat, tidak ada gradasi dan setiap warna terpisah secara nyata.
  5. Tidak ada bintik bintik. Oleh karena itu memilih ikan koi sebaiknya dibawah sinar matahari bukan dibawah sinar lampu, karena kurang jelas.
  6. Tingkat kesuburannya harus tinggi, biasanya yang jantan berumur enam bulan dan yang betina berumur satu setengah tahun.
  7. Sudah siap kawin yang ditandai dengan ciri keluarnya cairan putih kental pada koi jantan pada saat alat kelaminnya dipijit dan pada daerah kelamin betina ada warna merah.
  8. Jika memungkinkan pilih dari jenis impor, karena lokal biasanya cenderung bergradasi pada warnanya atau terlihat buram.


Demikianlah tips cara memilih ikan koi untuk dijadikan sebagai indukan atau bibit, semoga bisa bermanfaat. salam.