Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Macam Kosmetik Untuk Perawatan Kulit

macam macam kosmetik untuk perwatan kulit dan perawatan tubuh

Macam-macam Kosmetik untuk Perawatan Kulit | Kemajuan di bidang kosmetik telah banyak menghasilkan berbagai produk kosmetik untuk perawatan tubuh atau kulit, baik yang bersifat tradisional maupun modern. Berbagai kekurangan pada bentuk tubuh kita dapat terjadi karena kebiasaan yang tidak baik misalnya makan yang berlebihan. Oleh karena itu kita harus memperhatikan makanan dengan mengatur menu agar terhindar dari kegemukan atau terlalu kurus.

Mandi untuk kebersihan, kesehatan dan kesegaran badan, sangat utama dalam hal perawatan badan. Untuk mendapatkan kulit yang halus tidak hanya cukup dengan menggunakan sabun, agar dapat menjaga kelembaban kulit dan agar tetap mulus, banyak diproduksi berbagai cream dan minyak untuk perawatan tubuh.

Berbagai produk kosmetik untuk perawatan badan dan wajah baik secara modern maupun tradisional antara lain :
1. Skin lotion untuk kulit normal hingga kering, dan untuk kulit normal hingga berminyak gunakan milky lotion. Lotion ini merupakan moisturizer(pelembab ringan) untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit. Dapat digunakan sepanjang hari dan sebagai fondation.

2. Face cream/Day cream/Face sun block cream (moisturizer) yaitu krim pelembab yang berfungsi untuk menjaga kelembaban, kehalusan, kelenturan dan kelembutan kulit wajah. Fleksibilitas lapisan kulit luar sangat tergantung pada moisturizer. Krim ini dapat digunakan sepanjang hari sebagai fondation untuk melindungi dan mencegah kulit kering dan berkerut karena sengatan matahari. Krim ini juga dapat mencegah menguapnya air dari permukaan kulit.

3. Night cream/ight support/Nourishing cream, yaitu pelembab untuk perawatan wajah pada malam hari. Krim ini kandungan lemaknya lebih banyak dan  berfungsi sebagai pelicin dan membantu menahan persediaan air.

4. Body lotion/Soft body silkener/Hand body lotion, yaitu lotion pelembab untuk  melembutkan dan menghaluskan kulit tubuh dan tangan.

5. Sun block lotion, yaitu lotion untuk mengatasi sengatan sinar matahari. Terlalu  lama terkena terik matahari, akan mengakibatkan warna kulit berubah suram kecoklatan, kulit menjadi kering dan mempercepat penuaan kulit.

6. Hand cream yaitu krim pelembab khusus untuk tangan dan jari-jari tangan yang berfungsi untuk melembabkan, melemaskan dan melindungi tangan terutama  dari bahan-bahan atau obat pencuci yang bisa menyebabkan tangan menjadi kasar.

7. Feet cream/Fancy feet action cream, yang berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan bagian kaki yang kasar, seperti tumit, telapak kaki dan sela jari- jari kaki.

8. Lip gloss/Lip sheener, yaitu pelembab yang berfungsi untuk menjaga  kelembutan bibir dan memberi kesan menyegarkan.

9. Lip balm yaitu pelembab yang berfungsi untuk mencegah pecah-pecah dan  terkelupasnya kulit bibir.

10. Minyak cendana mengandung minyak sulingan kulit cendana. Minyak ini  berkhasiat menghangatkan badan untuk merangsang peredaran darah, merawat kulit dan membuat badan harum, lembut serta untuk  mencegah kulit kering. Minyak ini dapat juga digunakan dalam pemijatan badan, punggung, tangan dan kaki.

11. Minyak zaitun dari buah zaitun yang berisi zat pelemas kulit. khasiatnya dapat  melemaskan kulit dan meremajakan kulit terutama kulit kering dan kasar. Dapat juga digunakan untuk merawat kaki, tangan dan untuk pemijatan.