Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian-Bagian Sel Makhluk Hidup

Bagian bagian sel pada makhluk hidup | Web Parungpanjang kali ini akan menulis katagori pendidikan yaitu mengenai materi Bagian sel yang dipelajari olah kakak kelas 7 SMP Semester 2. Sel merupakan satuan struktural dan fungsional terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Adapun sel ini pertama kali di sampaikan oleh Robert Hooke pada tahun 1665. Sel ini berukuran kecil sekali sehingga untuk melihatnya diperlukan alat yang bernama mikroskop.

contoh gambar bagian bagian sel pada makhluk hidup

Seperti pada judul postingan kali ini yaitu mengenai bagian bagian sel antara lain sebagai berikut 

Selaput plasma, yaitu bagian sel terluar yang berfungsi untuk mengatur gerakan zat yang masuk dan keluar sel. Selaput plasma ini mengatur oksigen dan zat makanan yang masuk ke dalam sel dan juga mengeluarkan zat sisa dari dalam sel.

Sitoplasma, yaitu cairan dalam sel yang agak panjang, yang tersusun dari air, lemak, protein, karbohidrat, garam garam mineral dan vitamin. pada bagian ini terdapat rongga sel yang disebut dengan vakuola.

Nukleus atau juga disebut inti sel. Nukleuns mempunyai bentuk yang bulat berada ditengah sel. inti sel merupakan bagian pusat yang mengatur seluruh kegiatan sel, perkembangan sel, dan perkembangbiakan sel. 

Contoh makhluk hidup uniseluler dari jenis tumbuhan adalah bakteri, sedangkan dari jenis hewan adalah amoeba proteus dan paramecium caudatum. Sedangkan contoh makhluk hidup multiseluler adalah manusi, hewan dan tumbuhan.

Nah sekarang timbul pertanyaan, Apakah perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan ? untuk mejawab pertanyaan mari kita simak dibawah ini.

Selaput plasma >>  pada hewan tidak dilindungi oleh dinding sel sedangakan pada tumbuhan dilindungi oleh dinding sel yang tebal yang tersusun dari zat selulosa.

Sitoplasma >> pada hewan tidak mengandung plastida, sedangkan pada tumbuhan mengandung plastida.

Vokuola >> pada hewan kecil dan pada tumbuhan besar.

Nah demikianlah materi singkat atau rangkuman dari materi smp kelas 7 mengenai sel, bagian sel dan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.