Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Sehat Penurun Kolestrol Jahat

Selamat pagi sobat web parungpanjang, kali ini saya akan share tentang makanan sehat penurun kolestrol jahat. Ya . .. pastinya sobat sudah sering mendengar kata Kolestrol. Kolestrol merupakan lemak yang ada  di di dalam tubuh kita yang mengalir bersama dengan darah. Adapun fungsi kolestrol ini adalah untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. 
Kolesterol memang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh manusia, jika kadar kolesterol di dalam tubuh dalam keadaan normal atau stabil. Beberapa fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh yaitu sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan serta pembentukan vitamin D (bersama sinar UV). Namun berbagai gangguan kesehatan pada tubuh seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serta jantung merupakan beberapa akibat dari kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh

Tetapi jika kadar kolestrol dalam darah terlalu banyak, maka siap siap penyakit akan menyerang sobat, diantaranya yang berbahaya adalah penyakit jantung koroner dan stroke. Adapun batasan kolestrol yang normal berada di bawah 200 mg/dl. Tetapi jika  di atas 240 mg/dl, maka sobat berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Nah dibawah ini sudah saya rangkum dari berbagai sumber berupa makanan sehat yang bisa menurunkan kadar kolestrol jahat, diantarnya adalaha sebagai berikut :

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan makanan penurun kolesterol. Bawang putih ternyata juga sangat efektif membantu menurnkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.
2. Yogurt dengan probiotik. 
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Mereka bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.
3.Tomat 
Tomat merupakan salah satu penurun kolestrol. Tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sobat bisa membuat jus tomat dan minumlah dua gelas setiap hari.
4. Bayam 
Bayam merupakan penurun kolestrol lainnya. Sayuran berdaun hijau  ini mengandung sumber lutein. Lutein  berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

5. Delima
Delima juga berkhasiat menurunkan kolesterol. Buah ini berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.

6. Alpukat 
Alpukat merupakan makanan penurun kolesterol yang enam. Buah ini berkahasiat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Eiit jangan salah ya, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat atau yang lebih dikenal LDL dan kolesterol baik dengan nama HDL.

7. Macam-macam olahan kedelai
Seperti tahu dan tempe juga efektif untuk turunkan kolesterol jahat. Kedua jenis makanan tersebut juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

8. Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang tanah, kenari serta almond. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.
9. Salmon
Ikan salmon mengandung sumber asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. yang mana berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh.
10. Anggur
Buah anggur sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan rutin minum dua gelas jus anggur setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh sobat.

So segera jaga kesehatan sobat, karena sehat itu mahal, mengkonsumsi makanan makanan sehat diatas sudah pasti merupakan ikhtiar kita untuk terhindar dari kolestrol jahat yang sangat berbahaya.   

Ok, sampai disini dulu pada  Makanan Sehat Penurun Kolestrol Jahat lain waktu disambung kembali, selamat mencoba dan semoga kita tetapi diberi kesehatan oleh yang Maha Pemberi Sehat, Amiiin.