Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan

Web Parungpanjang - Tips tetap sehat selama bulan ramadhan - Marhaban Yaa Ramadhan. Sudah sepatunya orang yang berpuasa pasti akan sehat jika dilakukan dengan niat dan cara yang benar.

Supaya ibadah shaum/ puasa biasa lancar dan maksimal, maka menjaga kesehatan merupakan hal patut sobat laksanakan. Salah satunya adalah melakukan gaya hidup yang baik dan sehat.

Dibawah ini beberapa hal yang bisa sobat laksanakan untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah sebagai berikut :

Pastikan cairan tubuh terpenuhi
Menjaga agar tubuh tak sampai kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi adalah hal yang penting selama berpuasa. Terutama jika Anda berpuasa di wilayah yang cukup panas. Biasanya pria disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2,5 liter air atau 10 gelas setiap hari sementara wanita sebanyak dua liter atau delapan gelas setiap hari.

Hal yang sama pun sebaiknya dilakukan selama bulan puasa, penuhi cairan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup setiap hari. Jika bosan dengan air putih biasa, Anda bisa menambahkan perasan lemon agar air lebih segar. Namun sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein atau pemanis, karena minuman yang mengandung kafein tak akan membantu memenuhi cairan tubuh, melainkan justru menguras cairan dan menyebabkan dehidrasi.
 
Santai dan Pelan-pelan saat berbuka
Santai dan Pelan-pelan saat berbuka adalah langkah bijak sobat, stop balas dendam dengan makanan !, Ketika tiba waktu berbuka, tak jarang orang langsung makan porsi besar, apakah sobat tipe yang seperti ini ? kolak, es, gorengan, nasi langsung di konsumsi waw ..! . Kemungkinan ini karena rasa lapar yang sudah ditahan sejak pagi sehingga mereka cenderung mengonsumsi makanan dalam porsi besar dengan cepat. Namun kebiasaan semacam ini sebenarnya tak baik untuk kesehatan. Sebaiknya berbuka puasalah dengan pelan.

Bertahaplah ketika berbuka puasa ramadhan
Berbukalah dengan cara bertahap. misalnya urutan dari minum air, hidangan pembuka yang hangat seperti sup, salad, atau jus. Di Sunnahkan adalah mengonsumsi dua atau tiga biji kurma untuk membuka puasa. Karena kurma mengandung gula buah yang bernutrisi dan dipenuhi dengan magnesium, potasium, serta serat.

Jika sebelum puasa ramadhan sobat melakukan diet dengan membatasi asupan karbohidrat, lemak, atau protein, sekarang sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Ketika berpuasa, usahakan diet sobat seimbang termasuk protein, karbohidrat, dan lemak. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Konsumsilah makanan yang mengandung kaya akan karbohidrat komplek dan rendah gula, seperti nasi, oat, buah, dan sayur-sayuran dan 
Makanan yang kaya protein seperti daging, ikan, dan telur juga membantu menjaga tingkat gula darah agar tetap stabil. karena Makanan tersebut dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi selama seharian. Tak hanya itu, makanan tersebut juga bertahan dalam sistem pencernaan lebih lama, sehingga mencegah Anda merasa lapar selama berpuasa.
 
Hindari makanan asin dan manis
Kurangi dan kalau bisa kita hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan berpemanis buatan, terutama makanan dalam kemasan. Makanan sejenis ini kebanyakan adalah makanan olahan yang tidak sehat. Selain tidak menyehatkan, makanan asin dan manis akan membuat Anda cepat merasakan dehidrasi dan kurang energi saat berpuasa.

Makanan olahan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula lebih cepat dicerna oleh tubuh sehingga membuat Anda cepat merasa lapar. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula. Ganti dengan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi.

Olahraga yang cukup sob ..!
Olahraga penting juga  dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Adapun saat yang tepat untuk berolahraga ringan yaitu kurang lebih satu jam sebelum berbuka puasa sehingga jika terasa capek atau haus maka waktu berbuka akan dekat. Tetapi perlu diingat lakukannlah olahraga yang ringan-ringan saja ya sob !,  seperti berjalan-jalan, jogging, dan olahraga yang sekiranya aman dan tidak mengganggu kualitas puasa ramadhan kita. yaa .. minimal 30 menit sehari selama ramadhan.

Nah inilah beberapa hal yang bisa sobat lakukan agar tetap sehat dan bugar selama Ramadan. Selamat mencoba, dan selamat menjalankan ibadah puasa!.