Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Supaya Anak Tidak Rewel Ketika Makan

Selamat Pagi Sobat Web Parungpanjang kali ini shared tentang Beberapa tips agar anak tidak rewel pada saat makan. Kebetulan kemaren saya sudah share tulisan yang berjudul Cara Menghilangkan Komedo Dengan Buah Mangga barang kali sobat tertarik membaca.

Balita rewel ketika dikasih makan adalah hal yang wajar, karena seiring pertumbuhannya, anak mempunyai keinginan dan pendapatnya sendiri, Mungkin ibu sudah menyiapakan makanan yang bagus terpenuhi gizi nya tetapi kendala datang dari diri si anak yang rewel mau pilih pilih makanan.

Beberapa tips agar anak tidak rewel pada saat makan.

Tapi jangan khawatir dibawah ini adalah beberapa cara/tips untuk Ibu tercinta, ketika menemukan anak balita-nya rewel pada saat dikasih makan, adalah sebagai berikut :
1. Pola Makan
Atur pemberian makan anak. Pastikan anak merasa lapar ketika diberi makan. Sehingga akan terbentuk pola makan yang alami dan bunda bisa memulai rutinitas sehari-harinya.

2. Ikuti Kemauannya
Hindari tekanan yang bisa menyebabkan si kecil selera makannya berkurang yang mengakibatkan dia rewel, misalnya ketika anak sedang makan sendiri dipaksa untuk menghabiskan makanan yang ada di piring.
3. Pantang Menyerah
Coba berikan beberapa kali makanan baru ketika si kecil menolak makanan, sampai  sikecil mau makanan variasi baru tersebut.
4. Perdengarkan musik
Supaya lebih seru dan semangat, perdengarkan musik yang riang. Tapi ingat jangan nyalakan televisi karena akan menghilankan konsentrasi si kecil pada makanan.
5. Variasi Makanan
Selalu berikan porsi kecil dengan bentuk menarik sebagai permulaan dan berikan sedikit tambahan jika mereka masih lapar.
6. Ibu Harus Lebih Pintar
Cari trik bila balita Ibu tidak suka sayuran, siasati dengan ‘sayur tersembunyi’ seperti parutan wortel atau bisa juga bayam cincang pada adonan perkedel. Atau siasati dengan memberikan buah dalam menu mereka.
7. Keteladanan
Anak adalah peniru hebat. Meskipun setiap balita berbeda, beberapa balita menirukan perilaku orang lain. Jadi jika bunda menikmati makanan yang menyehatkan, si kecil dapat melihat dan belajar dari apa yang bunda lakukan. Misalnya makan bersama keluarga.

8. Beri Reward/ Hadiah / Penghargaan
Ketika Si kecil menghabiskan makanan, berilah perngargaan seperti pujian, tepuk tangan atau yang lainnya. Jangan lupa, perhatiikan atau bicarakan makanan lain apa yang disukainya.
9. Selalu Bersabar
Ketika cara diatas sudah dilakukan Sabar adalah Senjata ampuh Bunda, Karena Selera makan Si Kecil mungkin nampak berubah dari hari ke hari, tetapi sebisa mungkin pertahankan menu makanan seimbang untuk Anak Kita.
Dan yang terakhir adalah berdo'a, karena kerja keras kita dalam mendidik anak setalah melakukan usaha diatas tanpa dibarengi do'a mungkin mustahil bisa tercapai, semoga. 

Sekian share "Cara Supaya Anak Tidak Rewel Ketika Makan", semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan plusnya. salam.