Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situs-Situs Sejarah Di Jawa Barat

Situs Peninggalan Sejarah di Jawa Barat | situs situs yang ada di Jawa Barat adalah Situs Pangguyangan dan Situs Gunung Padang. 

Situs Pangguyangan
situs ini berlokasi di kampung pangguyangan, Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Nama lain dari situs Pangguyangan adalah situs Embah Genter Bumi konon karena diselimuti pohon pohon yang rimbun sehingga memberi kesan angker. sampai saat ini masih banyak pengunjung yang datang ke situs ini untuk berziarah. 

Situs ini merupakan situs prasejarah dari masa megalitik, yang memiliki luas 800 m 2, temuannya berupa bangunan punden berundak terdiri dari 7 teras dengan denah bujur sangkar.

Situs Gunung Padang
Situs ini berada di kampung sipanggula, desa karya mukti, kecamatan cempaka, kabupaten cianjur. situs ini terletak sekitar 50 km di sebelah barat daya Cianjur, untuk menuju ke gunung padang dapat ditempuh dua rute perjalanan yaitu melalui Pal Dua dan Tegal Sereh, Serta berada di ketinggian sekitar 885 m dpl. Situs gunung padang di kelilingi oleh lembah lembah yang sangat dalam dan bukit bukit yaitu gunung melati sebelah tenggara, Pasir malang sebelah timur laut, Pasir Pogor dan Pasir gombong sebelah barat laut,  pasir empat dan gunung karuhun sebelah barat daya.

sebagai gambaran dibawah ini saya tambahkan video tentang situs situs dijawa barat :