Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Gangguan Sistem Pencernaan

Macam-macam Gangguan sistem pencernaan manusia. Gangguan pada sistem  pencernaan makanan dapat disebabkan oleh pola makan yang salah,  infeksi  bakteri, dan kelainan alat pencernaan. Di antara gangguan-gangguan ini adalah diare, sembelit,  tukak lambung,  peritonitis, kolik, sampai pada infeksi usus buntu (apendisitis).

macam macam gangguan sistem pencernaan pada manusia

Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan antara lain sebagai berikut:

1. Diare merupakan keadaan buang air besar yang terjadi terlalu sering dengan feses yang banyak mengandung air. Diare menyebabkan tubuhkehilangan banyak air. Diare yang berlangsung lama menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi akan menyebabkan tubuh terasa lemas karena banyak kehilangan air dan garam mineral. Penyebab penyakit diare antara lain ansietas (stres), peradangan usus (misalnya kolera, disentri), kekurangan gizi (misalnya kelaparan, kekurangan zat putih telur), keracunan makanan atau tidak tahan terhadap makanan tertentu.

2. Sembelit terjadi jika kim masuk ke usus dengan sangat lambat. Akibatnya, air terlalu banyak diserap usus, maka feses menjadi keras dan kering. Sembelit ini disebabkan karena kurang mengonsumsi makanan yang berupa tumbuhan atau berserat. Beberapa faktor penyebab sembelit adalah :

a. Kurang minum.
b. Kurang makanan berserat.
c. Tidak membiasakan diri buang air besar setiap  hari.
d. Usia.
e. Kurangnya aktivitas  sik.
f.  Kehamilan.
g. Dalam kondisi sakit.
h. Stres.

Untuk mencegah sembelit, sebaiknya banyak  minum air putih dan makan makanan yang banyak mengandung serat.

3.Tukak Lambung ( Maag)
Tukak lambung adalah luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari yang dikenal dengan sakit maag. Luka akan lebih parah kalau lambung dalam keadaan kosong akibat makan tidak teratur yang pada akhirnya akan mengakibatkan pendarahan pada lambung. Dinding lambung diselubungi mukus yang di dalamnya juga terkandung enzim. Jika pertahanan mukus rusak, enzim pencernaan akan menghidrolisis atau mengikis bagian-bagian kecil dari lapisan permukaan lambung. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya tukak lambung. Tukak lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh di rongga perut. Sebagian besar tukak lambung ini disebabkan oleh infeksi bakteri jenis tertentu (terutama bakteri Helicobacter pylori) dan produksi HCl yang berlebihan tengah malam ketika perut kosong. Gejala-gejala lainnya yaitu berat badan berkurang, kurang nafsu makan, mual, dan muntah-muntah.

4. Radang Usus Buntu
Radang usus buntu akibat dari  infeksi yang terjadi pada usus buntu. Gejala penyakit ini adalah sakit perut. Sakit perut yang dirasakan biasanya di perut bagian bawah sebelah kanan. Radang usus buntu terjadi jika lubang yang menghubungkan usus buntu dengan usus besar tersumbat. Penyumbatan dapat terjadi karena lendir yang menebal atau masuknya benda keras. Lendir ini lama-kelamaan akan mengerasdan menyumbat  lubang usus buntu. Selanjutnya, bakteri yang secara alami berada dalam usus buntu menginfeksi dinding usus buntu. Infeksi inilah yang menyebabkan usus buntu meradang dan menimbulkan rasa sakit.

5.Radang pada Dinding Lambung (Gastritis)
Radang dinding lambung merupakan peradangan yang terjadi pada membran mukus yang melapisi  lambung. Gejala radang dinding lambung misalnya kesulitan bernapas, feses hitam bercampur darah, sakit kepala, dan rasa tidak nyaman di perut bagian atas. Radang dinding lambung dapat disebabkan oleh alergi terhadap makanan tertentu, alkohol, obat-obatan, racun, dan  bakteri tertentu.
Gejala umum penyakit maag adalah pegal-pegal di punggung selama beberapa hari atau beberapa minggu.

Gejala ini terjadi 2 – 3 jam setelah makan atau terjadi

Itulah macam macam penyakit atau gangguan percernaan pada manusia, tentunya untuk menghindari hal hal diatas pola hidup sehat adalah solusi yang nyata dapat dilakukana. Semoga artikel tentang macam macam gangguan pada alat pencenaan manusia ini bisa bermanfaat untuk anda